CROWNFEE

Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI

 

 



 

 

Anggota Kelompok

1. Dionisius Agung     12-BHS/7

2. Ellensia Agnes        12-BHS/8

3. Fabio Benarivo        12-BHS/9

4. Margaretha              12-BHS/19

 

 

 

SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017

---------------------------------------------------------------------------------

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR


        Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:

1. Bapak Ruslan, M.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart    
    program yang dilampirakan.

2. Bapak F.X. Rudy Prasetya,SS.,M.Med.Kom, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing
    penulisan makalah Ujian Praktik  ini

3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan
    proyek maket Rumag Massa Depan Helipad.

Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

 
DAFTAR ISI

 

Halaman Sampul ...................................................................................................................   i

Kata Pengantar    ....................................................................................................................  ii

Daftar Isi             .....................................................................................................................  iii

BAB I: PENDAHULUAN

A. Latar Belakang  .................................................................................................................   1

B. Rumusan Masalah ..............................................................................................................  1

C. Tujuan Manfaat

D. Batasan istilah

BAB II KAJIAN PUSTAKA

A. CrownFEe

B. Mikrokontroller

C. Lampu LED
D. Bahasa Pemrogramam
 
 
BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

         Masyarakat Indonesia merupakan tipe masyarakat yang tingkat konsumtifnya paling tinggi terutama dalam bidang kuliner. Tak hanya itu, para konsumen datang dari orang-orang kalangan atas maupun mahasiswa atau pelajar yang menyukai berbagai macam kuliner. Tak heran jika berbisnis di bidang kuliner saat ini sangat menjanjikan bagi para pengusaha. Seperti misalnya pengusaha yang mendirikan cafe-cafe. Cafe-cafe sekarang sangat diminati banyak kalangan terutama jika didalamnya terdapat hal-hal yang menarik maupun unik. Pada dasarnya cafe merupakan tempat makan yang asik sembari bersantai dan berbincang-bincang bersama teman, cafe juga tempat paling nyaman untuk menghindari keramaian kota dan kejenuhan para pekerja kantoran bahkan pekerja kantoran sering menjadikan cafe sebagai tempat untuk meeting dengan rekan kerja bisnisnya. Ini merupakan peluang besar untuk mendapatkan keuntungan seorang pengusaha.

B. Rumusan Masalah
         Rumusan masalah secara umum adalah:

Bagaimana cara menjadikan suatu cafe lebih unggul dari cafe lainnya?”

“Bagaimana menjadikan cafe tersebut diminati oleh banyak orang?”

Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:

1. Bagaimana bentuk luar cafe supaya menarik dalam bentuk maket?

2. Bagaimana merancang perabotan terutama kelistrikkanya?

3. Hal unik apa yang menjadi pokok utamanya suatu cafe tersebut?


C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun bentuk maket cafe yang menarik dan diminati banyak orang.
2, Manfaat: Agar contoh maket yang kami buat dapat menginspirasi masyarakat yang ingin memulai bisnis membuat cafe.

D. Batasan Istilah
Kafe (Cafe) adalah tempat untuk bersantai dan berbincang-bincang dimana pengunjung dapat memesan minuman dan makanan. Kafe termasuk tipe restoran namun lebih mengutamakan suasana rileks, hiburan dan kenyamanan pengunjung sehingga menyediakan tempat duduk yang nyaman dan alunan musik.

CrownFee adalah nama yang kami beri karena kopi yang ada dicafe kita menjadikan salah satu bagian penting dari cafe tersebut.

 
BAB II

KAJIAN PUSTAKA

A. CrownFee

Kafe (Cafe) adalah tempat untuk bersantai dan berbincang-bincang dimana pengunjung dapat memesan minuman dan makanan. Kafe termasuk tipe restoran namun lebih mengutamakan suasana rileks, hiburan dan kenyamanan pengunjung sehingga menyediakan tempat duduk yang nyaman dan alunan musik.

Pengertian Kafe menurut Dictionary of English Language and Culture, Longman adalah restoran kecil yang melayani atau menjual makanan ringan dan minuman, kafe biasanya digunakan orang untuk rileks. Sedangkan menurut The New Dictionary and Theosaurus, Kafe merupakan restoran murah yang menyediakan makanan yang mudah diolah atau dihidangkan kembali.

Mahkota adalah simbol tradisional dalam bentuk tutup kepala yang dikenakan oleh raja, ratu atau dewa. Bagi yang memakainya—secara tradisional—mahkota merupakan lambang bagi kekuasaan, legitimasi, keabadian, kejayaan, kemakmuran, kejayaan, dan kehidupan setelah kematian.

Dalam seni, mahkota dapat ditampilkan ditawarkan kepada mereka di Bumi oleh para malaikat. Terlepas dari bentuk tradisional, mahkota juga dapat dalam bentuk karangan bunga dan terbuat dari, bunga, daun oak atau duri dan dipakai oleh orang lain, mewakili apa bagian penobatan bertujuan untuk melambangkan dengan mahkota yang spesifik. Dalam seni religius, sebuah mahkota bintang digunakan mirip dengan halo. Mahkota yang dikenakan oleh penguasa sering mengandung permata.

 

B. Landasan CrownFee

    .............................................................................................................................................................

..................................................................................................................................(Cari di internet)......

.................................................................................................................................(nama1, tahun)

         ..........................................................................................................................................................

..................................................................................................................................(Cari di internet)......

.................................................................................................................................(nama2, tahun)

          ....................................................................................................................................................

..................................................................................................................................(Cari di internet)......

.................................................................................................................................(nama2, tahun)

 

C. Mikrocontroller

Pengendali mikro (bahasa Inggris: microcontroller) adalah sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip. Mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang digunakan dalam sebuah PC, karena di dalam sebuah mikrokontroler umumnya juga telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor, yakni memori dan antarmuka I/O, sedangkan di dalam mikroprosesor umumnya hanya berisi CPU saja. Sistem komputer dewasa ini paling banyak justru terdapat di dalam peralatan lain, seperti telepon, jam, perangkat rumah tangga, kendaraan, dan bangunan.

Sistem embedded biasanya mengandung syarat minimal sebuah sistem mikroprosesor yaitu memori untuk data dan program, serta sistem antarmuka input/output yang sederhana. Antarmuka semacam keyboard, tampilan, disket, atau printer yang umumnya ada pada sebuah komputer pribadi justru tidak ada pada sistem mikrokontroler. Sistem mikrokontroler lebih banyak melakukan pekerjaan-pekerjaan sederhana yang penting seperti mengendalikan motor, saklar, resistor variabel, atau perangkat elektronis lain. Seringkali satu-satunya bentuk antarmuka yang ada pada sebuah sistem mikrokontroler hanyalah sebuah LED, bahkan ini pun bisa dihilangkan jika tuntutan konsumsi daya listrik mengharuskan demikian.

D. Kerangka Konsep Berpikir 



 
BAB III

PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK

A. Rumah Massa Depan Holipad

          Rumah masih berupa maket yaitu model terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 sebagai tempat usaha dan perkantoran, hiburan bahkan diskotik.
       Lantai 2 sebagai tempat tinggal bersama keluarga dengan perabotan serba otomatis dengan pengendalian mikrokontrller serta ruang operator untuk mengendalikan sistem mikrokontroller.
           Lantai 3 berupa landasan helipad yang dapat menampung sebuat pesawat Helikopter atau taxi Drone serta ruang kendali pesawat yang representatif.

B. Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
    a.Triplek, Karton
    b.Lem, Paku,isolasi
    c. Palu,paku
    d.......
    e.Assesoris
2. Elektronika
   a. Mikrokontroller Arduino
   b. Led dan Resistor
   c. Sensor dan Spiker
   d. Kabel, timah solder
C. Bog Diagram Proyek
   Gambar diagram blok antara komponen-komponen proyek termasuk rangkaian elektronika
kelistrikannya. Atau foto maket atau proyek





 

D. Cara Kerja Proyek Umum

        Pada saat pemilik cafe sudah mau membuka tokonya. Sang pemilik rumah menyalakan tombol on off  kemudian lampu dan juga speaker menyala secara bersamaan.

 
BAB IV

ANALISIS DATA PROYEK

A. Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket rumah masa depan berhelipad dirancang  dengan ukuran kecil:


Spesifikasi Maket Café dalam rancangan kecil.

    Luas Area : 40 cm x 50 cm

    Luas bangunan : 20 cm x 25 cm

    Perbandingan dengan asli : 1 : 10.000

    Tinggi bangunan : 40cm

 

Spesifikasi Bahan

    Karton tebal

    Perhiasan kecil

    Toys kecil

    Lem tembak dan Lem G

 

Spesifikasi Alat Listrik

    Mikrontoller Arduino

    Lampu LED ( merah, kuning, hijau )

    Resistor

    Timah Kecil

    Tombol ON / OFF

 

 B. Kinerja Proyek
Kelebihan Proyek
   Kelebihan dari proyek ini adalah dapat membantu masyarakat mendapatkan inspirasai dan juga tempat yang kami sediakan sangatlah modern.

Kelemahan Proyek
     Karena bahannya maket dari triplek dan karton akan sangat rawan terhadap air dan angin dalam kurun waktu 1 sd 3 bulan maket ini sudah melengkung.
C. Flowcart Program























D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
    Tuliskan program C++ yang diupload ke memori chip Arduino  dan penjelasaan program dibelakang tanda //
 
const int lowestPin = 2;

 const int highestPin = 9;

 

void setup()

 {

   for (int thisPin = lowestPin; thisPin <= highestPin; thisPin++)

   {

   pinMode(thisPin, OUTPUT);

   }

 }

 void loop()

 {

 for (int thisPin = lowestPin; thisPin <= highestPin; thisPin++)

   {

   digitalWrite(thisPin, HIGH);

   delay(100);

   }

   for (int thisPin = highestPin; thisPin >= lowestPin; thisPin--)

   {

   digitalWrite(thisPin, LOW);

   delay(100);

   }

   for (int thisPin = highestPin; thisPin >= lowestPin; thisPin--)

   {

   digitalWrite(thisPin, HIGH);

   delay(100);

   }

    for (int thisPin = lowestPin; thisPin <= highestPin; thisPin++)

   {

   digitalWrite(thisPin, LOW);

   delay(100);

   }

 }

 

 

BAB V

KESIMPULAN

A. Kesimpulan

        Berdasarkan uraian BAB I sampai BAB IV dapat diberikan kesimpulan bahwa Cafe juga memiliki manfaat yang bisa kita dapat saat mengunjunginya, terutama saat kita tengah mengerjakan suatu tugas maupun pekerjaan. Tidak hanya 'Kopi'nya yang jadi primadona, berbagai Cafe juga menyediakan fasilitas-fasilitas dan kenyamanan yang bisa menarik minat para pelaku hidup 'kekinian'. Selain tentunya menyediakan kopi dan minuman serta makanan yang beragam, sebagian besar Cafe juga menyajikan alunan musik sebagai sarana menarik lain selain tentunya fasilitas wi-fi gratis. Jika memesan kopi, otomatis kita akan mendapatkan manfaat dari kopi itu sendiri. Meminum kopi akan memungkinkan kita untuk mendapatkan lebih banyak ide yang bisa menginspirasi kita melakukan suatu hal yang positif dan kreatif

 B. Kesan Saran

 Kesan

             Melalui kerja sama dengan sesama anggota kelompok dapat membangun rasa persaudaraan dan pertemanan yang lebih akrab sehingga satu sama lain dapat saling mengenal dan menumbuhkan toleransi akan keunikan serta kebinekaaan karakter sesama.

Saran

            Ke depan sistem pujian praktik yang berkolaborasi ini dapat ditingkatkan tidak hanya 3 mata pelajaran tetapi bisa berkolaborasi dengan mata pelajaran lain seperti Bahasa Asing dan bahkan  seni budaya. Sehingga efisiensi waktu dan tenaga siswa dan guru lebih efektif. Penggunaan properti lebih dikembangkan sehingga proyek sejenis lebih berdaya guna tepat sararan.



                                                                      DAFTAR PUSTAKA




 

 

Komentar

Posting Komentar