CROWNFEE
Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian
Praktik mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI
Anggota
Kelompok
1.
Dionisius Agung 12-BHS/7
2.
Ellensia Agnes 12-BHS/8
3.
Fabio Benarivo 12-BHS/9
4.
Margaretha 12-BHS/19
SMA
SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
---------------------------------------------------------------------------------
KATA
PENGANTAR
Puji Tuhan kami haturkan
kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata
pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja
bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah
memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena
itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, M.Kom, sebagai guru TIK telah
membimbing penulisan program serta Flowcart
program yang dilampirakan.
program yang dilampirakan.
2. Bapak F.X. Rudy Prasetya,SS.,M.Med.Kom, selaku
guru Bahasa Indonesia telah membimbing
penulisan makalah Ujian Praktik ini
penulisan makalah Ujian Praktik ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru
Mulok KWU telah membimbing pembuatan
proyek maket Rumag Massa Depan Helipad.
proyek maket Rumag Massa Depan Helipad.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu
masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah
yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
Halaman Sampul ...................................................................................................................
i
Kata Pengantar
....................................................................................................................
ii
Daftar Isi
.....................................................................................................................
iii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
.................................................................................................................
1
B. Rumusan Masalah
..............................................................................................................
1
C. Tujuan Manfaat
D. Batasan istilah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. CrownFEe
B. Mikrokontroller
C. Lampu LED
D. Bahasa Pemrogramam
D. Bahasa Pemrogramam
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masyarakat
Indonesia merupakan tipe masyarakat yang tingkat konsumtifnya paling tinggi
terutama dalam bidang kuliner. Tak hanya itu, para konsumen datang dari
orang-orang kalangan atas maupun mahasiswa atau pelajar yang menyukai berbagai
macam kuliner. Tak heran jika berbisnis di bidang kuliner saat ini sangat
menjanjikan bagi para pengusaha. Seperti misalnya pengusaha yang mendirikan
cafe-cafe. Cafe-cafe sekarang sangat diminati banyak kalangan terutama jika
didalamnya terdapat hal-hal yang menarik maupun unik. Pada dasarnya cafe
merupakan tempat makan yang asik sembari bersantai dan berbincang-bincang
bersama teman, cafe juga tempat paling nyaman untuk menghindari keramaian kota
dan kejenuhan para pekerja kantoran bahkan pekerja kantoran sering menjadikan
cafe sebagai tempat untuk meeting dengan rekan kerja bisnisnya. Ini merupakan
peluang besar untuk mendapatkan keuntungan seorang pengusaha.
B.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah secara umum adalah:
Rumusan masalah secara umum adalah:
“Bagaimana
cara menjadikan suatu cafe lebih unggul dari cafe lainnya?”
“Bagaimana
menjadikan cafe tersebut diminati oleh banyak orang?”
Rumusan
umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1.
Bagaimana bentuk luar cafe supaya menarik dalam bentuk maket?
2.
Bagaimana merancang perabotan terutama kelistrikkanya?
3.
Hal unik apa yang menjadi pokok utamanya suatu cafe tersebut?
C.
Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun bentuk maket cafe yang menarik dan diminati banyak orang.
2, Manfaat: Agar contoh maket yang kami buat dapat menginspirasi masyarakat yang ingin memulai bisnis membuat cafe.
D. Batasan Istilah
Kafe (Cafe) adalah tempat untuk bersantai dan berbincang-bincang dimana pengunjung dapat memesan minuman dan makanan. Kafe termasuk tipe restoran namun lebih mengutamakan suasana rileks, hiburan dan kenyamanan pengunjung sehingga menyediakan tempat duduk yang nyaman dan alunan musik.
1. Tujuan: Membangun bentuk maket cafe yang menarik dan diminati banyak orang.
2, Manfaat: Agar contoh maket yang kami buat dapat menginspirasi masyarakat yang ingin memulai bisnis membuat cafe.
D. Batasan Istilah
Kafe (Cafe) adalah tempat untuk bersantai dan berbincang-bincang dimana pengunjung dapat memesan minuman dan makanan. Kafe termasuk tipe restoran namun lebih mengutamakan suasana rileks, hiburan dan kenyamanan pengunjung sehingga menyediakan tempat duduk yang nyaman dan alunan musik.
CrownFee
adalah nama yang kami beri karena kopi yang ada dicafe kita menjadikan salah
satu bagian penting dari cafe tersebut.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
A. CrownFee
Kafe (Cafe) adalah
tempat untuk bersantai dan berbincang-bincang dimana pengunjung dapat memesan
minuman dan makanan. Kafe termasuk tipe restoran namun lebih mengutamakan
suasana rileks, hiburan dan kenyamanan pengunjung sehingga menyediakan tempat
duduk yang nyaman dan alunan musik.
Pengertian Kafe menurut
Dictionary of English Language and Culture, Longman adalah restoran kecil yang
melayani atau menjual makanan ringan dan minuman, kafe biasanya digunakan orang
untuk rileks. Sedangkan menurut The New Dictionary and Theosaurus, Kafe merupakan
restoran murah yang menyediakan makanan yang mudah diolah atau dihidangkan
kembali.
Mahkota adalah simbol
tradisional dalam bentuk tutup kepala yang dikenakan oleh raja, ratu atau dewa.
Bagi yang memakainya—secara tradisional—mahkota merupakan lambang bagi
kekuasaan, legitimasi, keabadian, kejayaan, kemakmuran, kejayaan, dan kehidupan
setelah kematian.
Dalam seni, mahkota
dapat ditampilkan ditawarkan kepada mereka di Bumi oleh para malaikat. Terlepas
dari bentuk tradisional, mahkota juga dapat dalam bentuk karangan bunga dan
terbuat dari, bunga, daun oak atau duri dan dipakai oleh orang lain, mewakili
apa bagian penobatan bertujuan untuk melambangkan dengan mahkota yang spesifik.
Dalam seni religius, sebuah mahkota bintang digunakan mirip dengan halo.
Mahkota yang dikenakan oleh penguasa sering mengandung permata.
B. Landasan CrownFee
.............................................................................................................................................................
..................................................................................................................................(Cari
di internet)......
.................................................................................................................................(nama1,
tahun)
..........................................................................................................................................................
..................................................................................................................................(Cari
di internet)......
.................................................................................................................................(nama2,
tahun)
....................................................................................................................................................
..................................................................................................................................(Cari
di internet)......
.................................................................................................................................(nama2,
tahun)
C. Mikrocontroller
Pengendali mikro
(bahasa Inggris: microcontroller) adalah sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung
di dalam sebuah chip. Mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang
digunakan dalam sebuah PC, karena di dalam sebuah mikrokontroler umumnya juga
telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor, yakni memori dan
antarmuka I/O, sedangkan di dalam mikroprosesor umumnya hanya berisi CPU saja. Sistem
komputer dewasa ini paling banyak justru terdapat di dalam peralatan lain,
seperti telepon, jam, perangkat rumah tangga, kendaraan, dan bangunan.
Sistem embedded
biasanya mengandung syarat minimal sebuah sistem mikroprosesor yaitu memori
untuk data dan program, serta sistem antarmuka input/output yang sederhana.
Antarmuka semacam keyboard, tampilan, disket, atau printer yang umumnya ada
pada sebuah komputer pribadi justru tidak ada pada sistem mikrokontroler.
Sistem mikrokontroler lebih banyak melakukan pekerjaan-pekerjaan sederhana yang
penting seperti mengendalikan motor, saklar, resistor variabel, atau perangkat
elektronis lain. Seringkali satu-satunya bentuk antarmuka yang ada pada sebuah
sistem mikrokontroler hanyalah sebuah LED, bahkan ini pun bisa dihilangkan jika
tuntutan konsumsi daya listrik mengharuskan demikian.
D. Kerangka Konsep Berpikir
BAB
III
PERENCANAAN
PEMBUATAN PROYEK
A. Rumah Massa Depan Holipad
Rumah masih
berupa maket yaitu model terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 sebagai tempat usaha
dan perkantoran, hiburan bahkan diskotik.
Lantai 2 sebagai tempat tinggal bersama keluarga dengan perabotan serba otomatis dengan pengendalian mikrokontrller serta ruang operator untuk mengendalikan sistem mikrokontroller.
Lantai 3 berupa landasan helipad yang dapat menampung sebuat pesawat Helikopter atau taxi Drone serta ruang kendali pesawat yang representatif.
Lantai 2 sebagai tempat tinggal bersama keluarga dengan perabotan serba otomatis dengan pengendalian mikrokontrller serta ruang operator untuk mengendalikan sistem mikrokontroller.
Lantai 3 berupa landasan helipad yang dapat menampung sebuat pesawat Helikopter atau taxi Drone serta ruang kendali pesawat yang representatif.
B. Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
a.Triplek, Karton
b.Lem, Paku,isolasi
c. Palu,paku
d.......
e.Assesoris
2. Elektronika
a. Mikrokontroller Arduino
b. Led dan Resistor
c. Sensor dan Spiker
d. Kabel, timah solder
C. Bog Diagram Proyek
Gambar diagram blok antara komponen-komponen proyek termasuk rangkaian elektronika
kelistrikannya. Atau foto maket atau proyek
1. Mekanik Proyek
a.Triplek, Karton
b.Lem, Paku,isolasi
c. Palu,paku
d.......
e.Assesoris
2. Elektronika
a. Mikrokontroller Arduino
b. Led dan Resistor
c. Sensor dan Spiker
d. Kabel, timah solder
C. Bog Diagram Proyek
Gambar diagram blok antara komponen-komponen proyek termasuk rangkaian elektronika
kelistrikannya. Atau foto maket atau proyek
Pada saat pemilik cafe
sudah mau membuka tokonya. Sang pemilik rumah menyalakan tombol on off kemudian lampu dan juga speaker menyala secara
bersamaan.
BAB
IV
ANALISIS
DATA PROYEK
A.
Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket rumah masa depan berhelipad dirancang dengan ukuran kecil:
Spesifikasi maket rumah masa depan berhelipad dirancang dengan ukuran kecil:
Spesifikasi
Maket Café dalam rancangan kecil.
Luas
Area : 40 cm x 50 cm
Luas bangunan : 20 cm x 25 cm
Perbandingan dengan asli : 1 : 10.000
Tinggi bangunan : 40cm
Spesifikasi
Bahan
Karton tebal
Perhiasan kecil
Toys kecil
Lem tembak dan Lem G
Spesifikasi
Alat Listrik
Mikrontoller Arduino
Lampu LED ( merah, kuning, hijau )
Resistor
Timah Kecil
Tombol ON / OFF
B. Kinerja
Proyek
Kelebihan Proyek
Kelebihan dari proyek ini adalah dapat membantu masyarakat mendapatkan inspirasai dan juga tempat yang kami sediakan sangatlah modern.
Kelebihan Proyek
Kelebihan dari proyek ini adalah dapat membantu masyarakat mendapatkan inspirasai dan juga tempat yang kami sediakan sangatlah modern.
Kelemahan Proyek
Karena bahannya maket dari triplek dan karton akan sangat rawan terhadap air dan angin dalam kurun waktu 1 sd 3 bulan maket ini sudah melengkung.
C. Flowcart Program
Karena bahannya maket dari triplek dan karton akan sangat rawan terhadap air dan angin dalam kurun waktu 1 sd 3 bulan maket ini sudah melengkung.
C. Flowcart Program
D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
Tuliskan program C++ yang diupload ke memori chip Arduino dan penjelasaan program dibelakang tanda //
const int lowestPin = 2;
const int
highestPin = 9;
void setup()
{
for (int
thisPin = lowestPin; thisPin <= highestPin; thisPin++)
{
pinMode(thisPin, OUTPUT);
}
}
void loop()
{
for (int
thisPin = lowestPin; thisPin <= highestPin; thisPin++)
{
digitalWrite(thisPin, HIGH);
delay(100);
}
for (int
thisPin = highestPin; thisPin >= lowestPin; thisPin--)
{
digitalWrite(thisPin, LOW);
delay(100);
}
for (int
thisPin = highestPin; thisPin >= lowestPin; thisPin--)
{
digitalWrite(thisPin, HIGH);
delay(100);
}
for (int
thisPin = lowestPin; thisPin <= highestPin; thisPin++)
{
digitalWrite(thisPin, LOW);
delay(100);
}
}
BAB
V
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian BAB I
sampai BAB IV dapat diberikan kesimpulan bahwa Cafe juga memiliki manfaat yang
bisa kita dapat saat mengunjunginya, terutama saat kita tengah mengerjakan
suatu tugas maupun pekerjaan. Tidak hanya 'Kopi'nya yang jadi primadona,
berbagai Cafe juga menyediakan fasilitas-fasilitas dan kenyamanan yang bisa
menarik minat para pelaku hidup 'kekinian'. Selain tentunya
menyediakan kopi dan minuman serta makanan yang beragam, sebagian besar Cafe
juga menyajikan alunan musik sebagai sarana menarik lain selain tentunya
fasilitas wi-fi gratis. Jika memesan kopi, otomatis kita akan
mendapatkan manfaat dari kopi itu sendiri. Meminum kopi akan memungkinkan kita
untuk mendapatkan lebih banyak ide yang bisa menginspirasi kita melakukan suatu
hal yang positif dan kreatif
B. Kesan
Saran
Kesan
Melalui kerja sama dengan sesama anggota kelompok dapat membangun rasa
persaudaraan dan pertemanan yang lebih akrab sehingga satu sama lain dapat
saling mengenal dan menumbuhkan toleransi akan keunikan serta kebinekaaan
karakter sesama.
Saran
Ke depan
sistem pujian praktik yang berkolaborasi ini dapat ditingkatkan tidak hanya 3
mata pelajaran tetapi bisa berkolaborasi dengan mata pelajaran lain seperti
Bahasa Asing dan bahkan seni budaya. Sehingga efisiensi waktu dan tenaga
siswa dan guru lebih efektif. Penggunaan properti lebih dikembangkan sehingga
proyek sejenis lebih berdaya guna tepat sararan.
DAFTAR PUSTAKA
78, sebab kajian belum ada, kesimpulan tidak sesuai dengan bab sebelumnya
BalasHapus78, sebab kajian belum ada, kesimpulan tidak sesuai dengan bab sebelumnya
BalasHapusBagus, sekarang nilai menjadi 85
BalasHapus